Remidial teaching di sekolah adalah proses pola layanan bimbingan pembelajaran yang di lakukan di sekolah. Remidial berasal dari bahasa latin yang berarti menyembuhkan kembali yang tersususn dari kata “re” kembali dan “med” menyembuhkan. Jadi tahapan remidial teaching dalam pendidikan berarti tindakan atau proses dalam penyembuhan, Tahapan remidial teaching berarti perbaikan pembelajaran.
Hal tersebut selaras dengan Abu Hamadi yang mendefinisikan bahwa tahapan remidial teaching adalah suatu proses perbaikan pengajaran yang membuat jadi lebih baik. Hasil belajar adalah kemampuan peserta didik setelah menerima pengalaman belajar.
Adapun Model Remidial Teaching di sekolah dapat dilaksanakan sebagai berikut :
1. Model Remidial Teaching Bimbingan Individu
Remidial ini dilakukan apabila ada beberapa anak yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual . Bimbingan yang diberikan sesuai dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik
2. Pemberian Bimbingan Secara Kelompok
Bentuk remedial ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik mengalami kesulitan yang sama.
3. Pemberian pembelajaran Ulang Dengan Metode Dan Media Yang Berbada
Pembelajaran ulang dilakukan secara semua pesertra didik mengalami kesulitan pembelajaran ulang dilakukan dengan cara menyerdehanakan materi, variasi cara penyajian, penyerdehanaan tes atau pertanyaan.
4. Pemanfaatan tutor sebaya,
Yaitu peserta didik dibantu oleh teman sekelas yang telah mencapai KKM, baik secara individu maupun kelompok.
Bentuk Remidial Teaching di sekolah ini jua diterapkan di SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur. Sehingga dengan penerapan ini semua siswa dapat dinyatakan tuntas dalam mengikuti pembelajaran pada tiap semesternya.
Oleh: Riki Pratama, S.Pd (Wali Asarama Insan Mandiri Cibubur)