Perubahan pemikiran dalam dunia pendidikan yang dibutuhkan adalah knowledge Economic atau ekonomi berbasis pengetahuan yang kebutuhan untuk meningkatkan institusi sebagai penghasil knowledge, sumber daya sebagai pembawa ilmu, dan pertukaran ilmu sehingga mimpi dalam pendidikan akan menjadi scientific superpower. Di sekolahnya manusia Insan Mandiri Cibubur Boarding School penerapan dalam hal scientific superpower sudah dilakukan pada ranah dasar yang akan terus berkembang sebagai peneliti pembelajaran pada pendekatan Project Based on Qur’an.
The first point of perubahan pemikiran dalam dunia pendidikan salah satu based basic-nya adalah bahasa asing yang diterapkan secara berkala sehingga menjadi habbit (kebiasaan) yang nantinya akan mendorong how too scientific superpower. Dengan awalan perapan ini akan meningkatkan grade of school dan membawa pemikiran yang luas karena pengetahuan bisa diambil dan bisa dishared dari mana, kesiapa, dan untuk apa sebagai the new informations for student dalam sekolahnya.
Semestinya sekolah-sekolah yang ingin level up dari yang biasa, penerapan bahasa asing-lah yang harus diterapkan karena based basic-nya adalah bahasa asing, jika penerapan bahasa ini kurang diterapkan di sekolah-sekolah yang ingin level up maka tidak akan adanya pendorong grow mind set about scientific superpower.
Penerapan bahasa asing di sekolah merupakan hal yang umum dilakukan untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang lebih luas dan mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dalam lingkungan global. Berikut adalah beberapa cara umum di mana bahasa asing diterapkan di sekolah:
Mata Pelajaran Bahasa Asing
Pelajaran formal bahasa asing biasanya diajarkan sebagai mata pelajaran wajib atau pilihan di sekolah. Siswa dapat memilih antara berbagai bahasa seperti Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Mandarin, atau bahasa lainnya.
Program Pertukaran Pelajar
Program pertukaran pelajar memungkinkan siswa untuk tinggal sementara di negara berbahasa target. Ini memberi mereka kesempatan untuk mengasah kemampuan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam bahasa asing.
Penggunaan Bahasa Asing dalam Kegiatan Sehari-hari
Sekolah dapat mempromosikan penggunaan bahasa asing dalam kegiatan sehari-hari, seperti pengumuman, acara sekolah, atau komunikasi formal lainnya. Hal ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
Klub dan Kegiatan Ekstrakurikuler
Klub dan kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan bahasa asing dapat membantu siswa mengembangkan minat mereka dalam cara yang lebih santai dan interaktif.
Penggunaan Teknologi
Penggunaan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran bahasa atau sumber daya daring, dapat membantu siswa belajar bahasa asing dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.
Pengajar Asing atau Native Speaker
Membawa pengajar asing atau native speaker ke sekolah dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih otentik dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berbicara dalam bahasa tersebut.
Proyek Kolaboratif dengan Sekolah di Luar Negeri
Mengadakan proyek kolaboratif dengan sekolah di luar negeri dapat memberikan siswa kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda dan menggunakan bahasa asing secara praktis.
Sertifikasi Bahasa Internasional
Sekolah dapat mendorong siswa untuk mengikuti ujian sertifikasi bahasa internasional, seperti TOEFL, DELE, atau HSK, untuk mengukur kemampuan bahasa mereka secara objektif.
Penerapan bahasa asing di sekolah bukan hanya tentang memahami struktur dan kosakata, tetapi juga tentang mengembangkan kemampuan komunikasi praktis. Pendekatan yang holistik dan beragam dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kaya dan mempersiapkan siswa untuk tantangan global di masa depan.
Oleh: Derri Maulana, S.Pd (Guru SMPIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School)