You are currently viewing Menggiatkan Program 5R untuk Budaya Lingkungan yang Sehat dan Teratur

Menggiatkan Program 5R untuk Budaya Lingkungan yang Sehat dan Teratur

Menggiatkan Program 5R untuk Budaya Lingkungan yang Sehat dan Teratur di Ma’had Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur

Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur, Sebuah lembaga pendidikan yang berlokasi di Jl. Masjid Silaturahim No. 76 Kalimanggis, Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi. Ma’had Khulafaur Rasyidin merupakan bagian datu satuan Pendidikan SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur. Lembaga ini dibawah naungan Yayasan Pendikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ).

Sebagai institusi yang menerapkan kurikulum terpadu antara pendidikan diniyah dan pendidikan umum, Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur memiliki keunggulan dalam pengajaran dengan metode Project Based on Quran (PBQ). Namun, bukan hanya itu saja yang menjadi ciri khas sekolah ini. Di sini, para siswa dari kelas 7 sampai kelas 12 juga dikenalkan dengan program 5R (Resik, Rapi, Rawat, Rajin, Ringkas), yang bertujuan untuk membentuk budaya lingkungan yang sehat dan teratur.

Apa itu Program 5R?

Program 5R di Mahad Khulafaur SMPIT-SMAIT Rasyidin Insan Mandiri Cibubur adalah sebuah inisiatif yang mendorong para siswa untuk menerapkan lima prinsip penting dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kelima prinsip tersebut yaitu:

  1. Resik (Resik-lah Tempat yang Anda Tinggali): Siswa diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggal mereka, seperti kamar mahad. Dengan cara ini, mereka dapat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan bebas dari kuman atau penyakit. Resik juga mengajarkan pentingnya mengelola sampah dengan benar, seperti memilah jenis sampah dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk mengenali pentingnya daur ulang.

 

  1. Rapi (Rapikan Barang-barang Pribadi): Mengajarkan para siswa untuk selalu merapikan barang-barang pribadi mereka dan menjaga kerapihan di sekitar tempat mereka tinggal. Dengan hidup rapi, siswa atau santri akan lebih mudah menemukan barang yang mereka butuhkan, menghemat waktu, dan menghindari kekacauan yang tidak perlu.

 

  1. Rawat (Rawatlah Lingkungan dengan Baik): Siswa diajarkan untuk merawat lingkungan sekitar mereka, termasuk tumbuhan, tanah, dan fasilitas umum. Dengan mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, siswa akan lebih peduli dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam.

 

  1. Rajin (Rajin dalam Belajar dan Beribadah): Keempat prinsip di atas diiringi dengan semangat kegigihan dalam belajar dan beribadah. Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur mengajarkan nilai-nilai agama yang kuat, sehingga siswa tidak hanya menjadi pintar secara akademis, tetapi juga berkarakter mulia.

 

  1. Ringkas (Sederhana dalam Gaya Hidup): Siswa diajarkan untuk hidup sederhana dan menghargai apa yang mereka miliki. Dengan menjadi hemat dan menghindari perilaku boros, siswa menjadi lebih bijaksana dalam mengelola sumber daya.

 

Implementasi Program 5R

Program 5R di Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur tidak hanya sekadar konsep, tetapi telah diimplementasikan dengan konsisten dan komprehensif. Setiap hari sebelum para santri atau siswa berangkat menuju Gedung sekolah, mereka diwajibkan untuk menyelesaikan 5R pada barang-barang pribadi dan kamar asrama mereka.

Tim pengawas, yang terdiri dari para musyrif dan staf sekolah, turut serta dalam memastikan program ini berjalan dengan baik. Mereka memberikan panduan dan arahan kepada siswa tentang bagaimana melaksanakan 5R secara efektif dan konsisten. Pendekatan ini membantu siswa untuk memahami tujuan dari program tersebut dan membentuk kesadaran kolektif untuk menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan sekolah. Selain itu tim pengawas juga memberikan penilaian tentang tingkat mana yang paling konsisten untuk menjalanakna kegiatan 5 R ini pada setiap kamarnya.

Apa Manfaat Program 5R?

Tidak dapat dipungkiri bahwa program 5R di Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur memiliki manfaat yang signifikan bagi siswa dan lingkungan sekitar. Beberapa manfaatnya antara lain:

Peningkatan Kualitas Lingkungan: Melalui program ini, siswa belajar untuk merawat lingkungan dengan lebih baik. Kebersihan dan ketertiban yang dijaga dengan konsisten menciptakan lingkungan yang nyaman, sehat, dan produktif untuk belajar dan beribadah.

Pengurangan Dampak Lingkungan Negatif: Dengan mengajarkan prinsip daur ulang dan mengelola sampah dengan benar, siswa terlibat aktif dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Pengembangan Karakter: Program 5R tidak hanya mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan fisik, tetapi juga mengembangkan karakter siswa. Disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras adalah beberapa nilai yang ditanamkan melalui program ini.

Peningkatan Kedisiplinan: Melalui kegiatan sehari-hari yang melibatkan penilaian 5R, siswa belajar untuk menjadi lebih disiplin dan terorganisir dalam segala aspek kehidupan mereka.

Menjadi Bagian dari Budaya Sekolah: Program 5R telah menjadi bagian yang membudaya dalam kehidupan para siswa di Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur. Hal ini mencerminkan komitmen sekolah dalam menciptakan lingkungan yang peduli lingkungan dan berkarakter islami.

Integrasi Program 5R dengan Kurikulum Terpadu

Sebagai bagian dari Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur yang menerapkan kurikulum terpadu, menggiatkan program 5R diintegrasikan dengan berbagai aspek pembelajaran lainnya. Siswa diajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan, kebersihan, dan kedisiplinan melalui berbagai mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Misalnya, dalam pelajaran sains, siswa dapat memahami dampak polusi dan pentingnya daur ulang, sedangkan dalam pelajaran agama, mereka diajarkan tentang tanggung jawab sebagai khalifah di bumi.

Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat

Selain dukungan dari pihak sekolah, keterlibatan orang tua dan masyarakat juga memegang peranan penting dalam keberhasilan program 5R. Orang tua dapat mendukung program ini dengan memberikan contoh dan membantu siswa menerapkan prinsip 5R di rumah. Sementara itu, melibatkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan lingkungan juga dapat memperkuat kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Di balik keberhasilan menggiatkan program 5R ini, terdapat sosok yang berperan sebagai pimpinan Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur, yaitu Mudir Ustadz Arif Afendi. Beliau merupakan pemimpin yang visioner dan penuh semangat dalam menciptakan lingkungan belajar yang islami dan berbudaya lingkungan. Dengan kepemimpinannya, program 5R menjadi lebih terarah dan berdampak positif bagi siswa dan lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Program 5R (Resik, Rapi, Rawat, Rajin, Ringkas) di Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur telah membawa banyak manfaat bagi para siswa dan lingkungan sekitar. Penerapan lima prinsip ini mengajarkan siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan, kedisiplinan, dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Program ini juga menjadi bagian yang membudaya dalam kehidupan para siswa, yang akan membawa dampak positif jangka panjang dalam pembentukan karakter mereka.

Dukungan dari tim pengawas, pihak mahad, sekolah, orang tua, dan masyarakat menjadi kunci utama dalam kesuksesan program ini. Dengan terus menerapkan dan mengintegrasikan program 5R dalam kurikulum terpadu, Mahad Khulafaur Rasyidin Insan Mandiri Cibubur dapat menjadi contoh sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki siswa yang berkarakter islami serta bertanggung jawab terhadap alam sekitar. Semoga program ini terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi generasi masa depan yang lebih baik.

Menggiatkan Program 5R untuk Budaya Lingkungan yang Sehat dan Teratur 2

Oleh: Ngatijo