peringatan maulid nabi muhammad asrama insan mandiri cibubur

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Cibubur pada tanggal 19 Rabiul Awal 1442 H bertepatan dengan 5 November 2020.

Amazing Maulid Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School. Sebuah acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Asrama Insan Mandiri Cibubur.

Dalam kegiatan ini di selenggarakan secara online melalui media video conference. Melibatkan wali asrama, siswa, orangtua siswa serta pengurus yayasan.

Mengambil Tema “Cintai dan Teladani Akhlak Nabi di Masa Pandemi”

Acara dimulai pada pukul 20:00 WIB yang di awali dengan pembacaan Maulid Ad Dzibai’ Oleh Tim Wali Asrama. Pembukaan oleh MC siswa kelas X yaitu Wibi dan Farel, dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci AL –Quran oleh Muhammad Iqbal Darmawan dari Kelas VII SMP IT Insan Mandiri,

Selanjutnya dimeriahkan dengan penampilan Gema Shalawat dari siswa SMP IMC Islamic Boarding School yang di buat di rumah masing-masing.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW imc

Sambutan dari Ketua Umum YPSJ Drs. Ichsan Thalib juga menjadi bagian awal sebagai penyemangat kepada seluruh siswa dan guru di lingkungan Insan Mandiri Cibubur untuk senantiasa meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW.

Acara inti yaitu tausiah dari Ustadz Salman Al Farisi yang mana beliau menyampaikan bagaimana baiknya akhlak Rosululloh yang harus senantiasa kita ikuti. Beliau mengajak seluruh civitas akademika Insan mandiri Cibubur senantiasa membangun budaya jujur dalam seluruh elemen kegiatan sekolah tidak hanya mengejar sebuah nilai palsu.

peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ust Salman Al farizy

Selanjutnya dalam rangka periangatan Maulid Nabi Muhammad ini beliau mengajak seluruh Guru dan siswa untuk terus mengaplikasikan akhlak Nabi dibidang masing-masing serta mengamalkan apa yang menjadi Sunnah Rosululloh SAW.

Setelah selesai penyampaian materi dari Ustadz Salman ada pengumuman pemenang lomba dalam rangka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh Ustadz Angga Hermawan, yaitu sebegai berikut:

Pemenang Lomba Hafalan Silsilah Nabi Muhammad SAW

Juara 1 : Rasihul Sahil Umam Nawawi (Kelas XI)

Juara 2 ; Dzaky Atha Al Hakim (Kelas X)

Pemenang Lomba Story Telling Tentang Nabi Muhammad SAW

Juara 1 : Tagribi Nabigh (Kelas VII)

Juara 2 : M. Rizki Ardavan (Kelas VIII)

Terakhir acara di tutup dengan bacaan Do’a dari Royyan kelas VIII SMP IT Insan Mandiri Cibubur

Oleh : Mas Jo

 

 

Kunjungi Juga : SD Silaturahim Islamic School

 

LOMBA baca PUISI siswa smp tingkat nasional

LOMBA BACA PUISI SISWA SMP TINGKAT NASIONAL

DAFTAR LOMBA BACA PUISI

Assalamualaikum

Halooo👋🏻👋🏻
📣📣 Teman2 Siswa (Khusus Putra) Tingkat SMP di Seluruh Indonesia 📣📣

Ada kabar bahagia nih🤣

Dalam rangka memperingati
🎉 Sewindu YPSJ 🎉
🏫SMAIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School Mengadakan
🎭🗣️ LOMBA BACA PUISI TINGKAT NASIONAL 🎭🗣️

➡️Puisi yang dibacakan merupakan karya yang telah di tentukan oleh panitia yaitu : 👇
1. Diponegoro (Charil Anwar)
2. Aku Tulis Pamflet Ini (WS Rendra)
3. Nasehat-nasehat Kecil Orangtua pada Anaknya Berangkat Dewasa (Taufiq Ismail)
👆📣

 

🎁Berhadiah total jutaan rupiah💰 dan E-sertifikat untuk setiap peserta📃

📝Syarat dan Ketentuan :
➡️ Pendaftaran Lomba Gratis🆓
➡️ Terbuka bagi semua pelajar jenjang SMP
➡️ Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran lomba puisi DISINI 
➡️ Email pengumpulan karya video kesiswaan.smaitimc@insanmandiri.sch.id
➡️Puisi yang dibacakan merupakan karya yang telah di tentukan oleh panitia
➡️ Peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) video berdurasi 1-10 menit, tanpa musik, wajah pembaca puisi harus jelas, bukan video pemandangan atau suasana yg diisi suara

➡️ Karya 10 besar akan di publikasikan di Channel YouTube INSAN MANDIRI CIBUBUR dan Instragram SMAIT Insan Mandiri

🎉 Lomba dibuka 26 Oktober 🎉
🚫 Lomba ditutup 18 November 2020 🚫
📢📢 Pengumuman pemenang 24 November 2020 📢📢
‼️Keputusan juri mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat‼️

📝 Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian mencakup:
🗣️Vokal (artikulasi, intonasi, volume)
🎭Penghayatan (interpretasi, ekspresi serta penampilan keseluruhan)

🎁 HADIAH 🎁
🥇JUARA 1 : Uang pembinaan + E-sertifikat
🥈JUARA 2 : Uang pembinaan + E-sertifikat
🥉JUARA 3 : Uang pembinaan + E-sertifikat
🏅JUARA FAVORIT : Uang pembinaan + E-sertifikat

‼️Quota Terbatas‼️
Yuuukkk buruann ikutan🤣🤣
Kapan lagi..?😏
Ditunggu , kuyyy😎

Kontak Panitia: Rudi Saputra wa.me/+6285210060919

Segera Daftar DISINI

webinar MENGENAL PROJET BASED QUR'AN INSAN MANDIRI CIBUBUR

Tanya jawab mengenal Project based Qur’an Dibawah ini adalah jawaban dari daftar pertanyaan yang di ajukan pada saat webinar Mengenal Project based Qur’an pada tanggal 18 oktober 2020 yang diisi oleh Bapak Munif Chatib. Pertanyaan ini di tanyakan ulang oleh Mas Joe yang kemudian jawabnya dijelaskan dibawah ini.

Tanya jawab mengenal Project based Qur’an

1. Pertanyaan dari Bapak Abdul Fatah dari Balikpapan Tanya jawab mengenal Project based Qur’an

Sejak kapan Toni Buzan mempatenkan Mind Map ?

Jawaban:

Untuk memastikan kapan waktunya memang perlu di lakukan pencarian terlebih dahulu. Kalau tidak salah sekitar tahun 90 an. Sebagai pengetahuan hak cipta property right/ hak milik intektual itu  ada 3 yang pertama hak cipta seperti karya,  hasil riset, lagu. Yang kedua hak paten seperti dalam penemuan mesin baru. Dan yang ketiga adalah hak merek. Dan kita ketahuan ketika akan menggunakan aplikasi yang dari playstore bahwa pemilik aplikasi harus membayar royalty pada Toni Buzan.

14 karakter positif dalam Islam yang dijadikan landasan penelitian negara dengan indeks Islami tadi apa saja? Apakah ada kriteria berlandaskan Al-Qur’an?

Jawaban:

14 pertanyaan di atas tentang hubungan dengan manusia seperti, kebersihan, pelayanan, membantu, problematika tentang SARA dan keramah-tamahan. Lengkapnya harus membaca pada jurnalnya. Tidak berkaitan langsung dengan akidahnya namun lebih ke penerapan nilai sosialnya.

Kelak PboQ ini harus bisa menjadi panduan kurikulum untuk Indonesia. Pak Munif bersama seluruh kekuatan yang dekat dengan pembuat kebijakan nasional, mohon berusaha untuk mendekati mereka mewujudkan ini. Bagaimana peluangnya Pak?

Jawaban:

Peluangnya ada, ketika jaman menterinya Pak M Nuh dulu di berikan kesempatan untuk presentasi. Sehingga dulu berkontribusi dalam pengembangan K-13 di tingkat SD. Dan Utamanya memang harus dari level sekolah banyak yang menerapkan konsep PBQ ini sehingga pusat melihat secara makro.

 

2. Pertanyaan dari Ibu Aty Mulyani

Mohon izin bertanya Baba, awalan yang mengintgerasikan agama dengan sains adalah kaum nasrani, mengapa Islam terlambat padahal AL-Quran sangat jelas telah menjelaskan di dalamnya? mohon penjelasan dan terima kasih.

Jawaban:

Penyebab mundurnya umat Islam sehingga kalah dengan umat non Islam yaitu; di jauhkannya anak-anak muda Islam dari Al-Qur’an dari gerakan zionis internasional. Islam di pecah-pecah dari banyak golongan sehingga bisa di adu domba dan ada pula kelompok yang saling mengkafirkan sesama umat Islam. Sehingga umat Islam disibukan dengan perbedaan-perbedaan yang tidak urgensi seperti ada yang shalat menggunakan Qunut ada dan ada yang tidak.

3. Pertanyaan dari Azian Husen

Apabila ada problem bagaimanakah cara mencari dalil naqli dari ALQuran?

Jawaban:

Untuk menentukan project atau problem yang akan di angkat menjadi keputusan atau kebijakan tim kurikulum. Apabila masalah yang di angkat sudah di tentukan sehingga terlebih dahulu di konsultasikan dan diskusikan pada ustadz atau guru yang menguasai tentang dalil nagli. Untuk mencari dalil naqli memang harus di bantu oleh Guru atau ustadz yang memiliki kemampuan tersebut. Karena apabila hanya mencari menggunakan internet bisa jadi tidak mendapatkan infomasi secara utuh. Sebagai gambaran di Insan Mandiri Cibubur ada Ustadz Husein, Ustadz Hamzah,  Ustadz Heri Nurdi dan yang lainnya.

 

4. Pertanyaa dari Ibu Annisa Fakhira Shadra

Mohon izin bertanya, saya sedang merancang dan mengkonsep yayasan baru yang berbasis islam internasional. bagaimana langkah awal yang perlu kita lakukan? terima kasih

Jawaban:

Terkait hal ini memang harus ada sesi khusus karena tidak mungkin bisa di jawab secara langsung

 

5. Pertanyaan dari Pak Eko Priyono (SMPIT Darul Abidin)

Alhamdulillah, kami di SMPIT Darul Abidin dalam setiap pembuatan RPP dan pembelajaran (KI/KD) selalu mengaitkan dan memasukkan dengan ayat-ayat Al Quran yang relevan dengan mata pelajaran dan pokok pembahasan. Tetapi memang belum  dalam bentuk PBQ tersebut. Izin bertanya, apakah dalam menerapkan PBQ ini bisa  dilakukan di awal kurikulum ataukah bisa ditengah semester atau pada pembelajaran saat ini?

Jawaban:

Sangat bisa penerapan PBQ dapat di lakukan di awal tengah ataupun akhir semester yang penting di awali dengan tema dan project untuk mengatasi problem.

6. Pertanyaan dari Pak  sugianto, balikpapan,

Pak Munif semoga sehat selalu, untuk kurikulum SMP ditempat Pak Munif, apakah sepenuhnya memakai K13 yang diterapkan dengan sistem blandet atau diramu  sendiri dari kurikulum sekolah Pak Munif. Karena kalau kita lihat kurikulum K13 SMP masih terpisah per mata pelajaran?

Jawaban:

SMP IT Insan Mandiri Cibubur menggunakan pendekatan PBQ yaitu menomorsatukan  Kompetensi Dasar (KD) yang terintregasi dengan projet, jika ada KD yang belum masuk maka akan dibuatkan matrikulasi pada akhir semester (drilling) sehingga secara target dinas semua terpenuhi.

7. Pertanyaan dari Chica Efendi

Pak Munif, tadi waktu diterangkan proses PBQ, sering error

begini Pak , yang ingin saya tanyakan

  1. bagaimana memadukan antara tematik, mapel, dg al qur’an ini. terutama untuk siswa SD
  2. apakah pembelajaran selama 1 semester ini hanya membuat project saja atau bagaimana?

Jawaban:

Kalau di SD pendekatan desain Tematik tetap berlaku seperti di SD Silaturahim Islamic School, Cuma kita punya waktu khusus PBQ muncul menjadi projek yang berkaitan dengan akhlak. AlQur’an di ambil dari potongan ayat pendek yang berkaitan dengan akhlak. Karena di tingkat SD pemupukan karakter harus kuat. Sisanya menggunakan Kurikulum K 13.

8. Pertanyaan dari Pak Yanto Rudianto

Terkait kondisi Pandemi saat ini, Bagaimana untuk mensinkronkan antara pembelajaran sekolah yang diterapkan di lingkungan Masyarakat atau Keluarga.

Dimana kondisi pembelajaran saat ini banyak dilakukan dilingkungan Masyarakat atau Keluarga, agar proses PBQ ini bisa diterapkan? PBQ melibatkan keluarga dan lingkungan?

Jawaban:

Mau pandemi atau bukan PJJ atau tatap muka ketika menggunakan pendekatan project akan lebih mudah di lakukan. Guru memberikan panduan untuk membuat projek yang dapat di lakukan di rumah. Ketika proyek yang di lakukan di rumah tentu saja akan melibatkan keluarga atau orangtua di rumah bahkan orangtua ada yang membantu membuatkannya. Terpenting ada penjelasan yang jelas dari guru dan ada kontrol yang di lakukan oleh guru seberapa jauh projek dilaksanakan.

 

9. Pertanyaan Pak Odi Darmawan dari Balikpapan

Izin bertanya: PBQ ini yg saya amati mengutamakan keaktifan siswa itu sendiri. sedangkan permasalahan pokok kita para guru adalah siswa itu sendiri mengalami momok terhadap segala pelajaran di sekolah, baik karena banyaknya tugas yg ditumpuk, faktor internal, bahkan keterbatasan kemampuan guru sebab tuntutan administratif ataupun padatnya jadwal si guru. nah, darimana kita memulai melakukan penangannya?

Jawaban:

Yang di khawatirkan ini dapat di reduksi dengan PBQ karena siswa akan lebih seneng untuk mengerjakannya. Karena setiap pelajaran sudah menyatu menjadi atau mengarah dalam menyusun satu project ini.

terkait, apa yg barusan disampaikan, bahwa anak di finlandia aktif secara mandiri mencari literatur di internet., sedangkan permasalahan anak anak kita di indonesia justru akan liar dan bebas jika diminta seperti itu, nah, apa yang menjadi faktor utama anak anak finlandia bisa mempunyai kemampuan mandiri seperti itu?

Jawaban:

Sejak kecil usia dini mereka sudah di ajari literasi gadget sehingga gadget hanya sebagai tool belajar. Disana anak sangat aib sekali ketika membuka hal-hal yang tidak sesuai. Nokia adalah buatan Finlandia dan ketika nokia muncul dewan pendidikan disana menyiapkan tentang kurikulum edukasi gadget. Sedangkan di Indonesia sendiri belum ada.

10. Pertanyan dari Ibu Ifa Faizah

Saya kira tidak semua aspek ada dalam Al-Quran, karena kita tidak boleh terjebak dalam textual, atau memaksakan ayat, bagaimana solusi PBQ dalam menentukan ayat? Syukron

Jawaban:

Maka dari itu kita harus melibatkan Para Ustadz yang memiliki kemampuan dalam pencarian Dalil Nagli. Karena tidak semuanya dari kita mampu untuk memahami secara lebih komprehensif dari Al-Qur’an maupun dari Hadist Rosul.

 

Terima kasih kepada seluruh peserta dan penanya yang telah berpartisi pasi dalam kegiatan Webinar Mengenal Project Based Qur’an. Tanya jawab mengenal Project based Qur’an di atas adalah hasil wawancara dengan Bapak Munif Chatib.

 

Oleh: Mas Joe (Public Relations YPSJ)

 

 

 

 

 

teacherpreneur ayu agus rianti

Teacherpreneur merubah guru biasa menjadi pengusaha dan menjadikan pengalaman mengajar sebagai harta karun.

Bentuk seminar yang di selenggarakan oleh Insan Mandiri Cibubur pada tanggal 27 September 2020. Kegiatan ini di hadiri oleh Para Guru dari berbagai wilayah di Indonesia. Seminar ini merpakan rangkaian kegiatan IMC For U. IMC For U adalah kegiatan sharing dan berbagi untuk masyarakat secara umum dari Sekolah Insan Mandiri Cibubur. Webinar ini selain menghadirkan Bu Ayu sebagai pemcara namun juga berkolaborasi dengan Siswa SMA IT Insan Mandiri Cibubur. Ia adalah Zulvan Jalil Nurmahmudi yang saat ini sedang duduk di kelas XI IPS.

Dalam webinar Teacherpreneur yang diisi oleh Ibu Ayu Agus Rianti menyampaikan penting memberikan nilai tambah pada aktivitas yang di lakukan oleh Guru. Tidak hanya melakukan aktivitas rutin yang mengajar dan mendidik siswa namun dapat memiliki produktivitas lebih.

Menurut Barnett Berry Teacherpreneur adalah expert di kelas yang mengajar siswa secara reguler, namun mempunyai waktu, ruang dan penghargaan untuk menginkubasi dan menjalankan ide mereka seperti seorang Entrepreneur. (kita lebih akrab mengenalnya dengan istilah “Wirausahawan/wati”

Dalam materinya bu Ayu menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Kumpulan Strategi Mengajar

Kumpulan strategi mengajar yang dilakukan oleh guru dapat dijadikan sebuah buku yang memiliki manfaat bagi orang lain. Setiap guru pasti memiliki pengalaman dan strategi menagajar yang unik dan berbeda. Kumpulin metode dan strategi itulah yang bisa memilik nilai tambah bagi seorang guru. Dan memilik manfaat bagi pembaca jika di bukukan.

 

2. Kumpulan RPP (Rencana Program Pembelajaran)

Kumpulan RPP selama periode satu tahun misalkan sudah menunjukan sebuah proses pembelajaran yang luar biasa. Dengan catatan bahwa RPP di buat dengan sungguh-sungguh oleh Si Guru sendiri. Bukan asal copas dari internet. Kumpulan RPP itu bisa menjadi sebuah buku rangkain pembelajaran tersendiri.

 

3. Media Belajar

Kemampuan menyusun media belajar yang baik dalam pembelajaran bisa juga di tawarkan ke orang lain. Semakin bermanfaat dan semakin mempermudah dalam pembelajaran maka media belajar tersebut akan sangat diminati oleh siswa dan guru lain.

 

4. Pengembangan Hasil Belajar

Riset-riset yang di lakukan di dalam kelas bisa menjadi sebuah penelitian yang luar biasa. Dengan catatan harus di catat kemudian dibuat artikel dan di publikasikan. Pengambangan tidak hanya sebatas teori namun bisa juga sebuah produk yang berkaitan dengan mata pelajaran yang di ampu oleh guru.

 

5. Kumpulan Ice Breaking, Energizer, Fun Story dll

Sebagai alat yang digunakan untuk memberikan penyegaran terhadap pembelajaran di kelas, ice breaking, fun story dan sebagainya sangat dibutuhkan oleh guru dalam mengajar. Ciptakan lalu tuliskan dalam buku atau membuat youtube chanel agar bermanfaat bagi orang lain.

 

6. Cara Penanganan Siswa (Buku Parenting)

Cara pengangan siswa ini memiliki peran penting dalam ilmu parenting. Sehingga apabila kita memiliki pengalaman dalam menangani masalah anak hal ini dapat di publikasikan agar memberikan pembelajaran bagi orang lain.

Secara lengkap Materi Seminar dapat di lihat di link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=Ml-vMMKV7C4&t=126s

 

6 hal di atas yang bisa di jadikan sebagai bahan untuk menciptakan inovasi dan menjadi Teacherpreneur yang sesungguhnya.

Oleh : Mas Jo (Insan Mandiri Cibubur)

 

Kunjungi : SD Silaturahim Islamic School

 

 

TOP
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami Dengan Whatsapp
Assalamu'alaikum, Wr. Wb. Selamat datang di Insan Mandiri Cibubur, sekolah dengan Project Based Qur'an.

Ada yang bisa kami bantu?