PELATIHAN PEMBUATAN MODUL

Pelatihan Membuat Modul SMP IT Insan Mandiri Cibubur

Pelatihan pembuatan modul SMPIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School

Selasa,13 Juli 2021 pukul 09.00 SMPIT Insan Mandiri Cibubur (IMC) telah melaksanakan kegiatan pelatihan membuat modul digital melalui media google meet.  Kegiatan ini dalam rangka menyiapkan materi pembelajaran menjelang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang akan kembali digelar pada tahun pelajaran 2021/2022.

Pelatihan pembuatan modul ini diikuti oleh seluruh guru SMPIT IMC yang berjumlah 13 orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal yang diarahkan oleh Direktur YPSJ Bapak Munif Chatib, kata Komukai Ria Sagara selaku koordinator Kurikulum SMPIT IMC pada saat mulai memaparkan teknis pembuatan modul.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Pak Ukai (nama panggilan Komukai), dalam pembuatan modul digital ini ada struktur yang harus diikuti oleh penulis. Modul yang disusun oleh penulis harus mengikuti SOP yang telah ditetapkan di lingkungan Yayasan Pendidikan Silaturahim Jatikarya (YPSJ).

Terdapat 9 strutktur yang tersusun dalam pembuatan modul ini, yaitu terdiri: halaman (cover), kata pengantar, indikator atau kompetensi dasar (KD), apersepsi, definisi, mind map, catatan hikmah, worksheet, dan vlog.

SMP IT Insan Mandiri Cibubur merupakan sekolah yang memberikan kesempatan berekspresi kepada para pengajar. Sebagai contoh modul untuk pembelajaran di susun oleh guru tidak membeli ke percetakan yang dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan guru yang guru lebih tahu tentang kemampuan para siswanya. Meskipun begitu terdapat standarisasi modul seperti apa yang layak untuk dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran. Modul juga bukan satu-satunya referensi yang di jadikan acuan dalam pembelajaran melainkan juga menggunakan buku atau referensi yang lain.

Salah satu struktur yang wajib juga berada di modul yaitu apersepsi. Apersepsi digunakan untuk menyiapkan fokus siswa dalam belajar. Metode yang digunakan dalam apesepsi bermacam-macam misalkan mengunaka fun story, games, tebak-tebakan, yang mana kegiatan tersebut berkaitan dengan tema pembelajaran. Sehingga siswa menjadi tertarik dan tahu makna atau maksud mereka harus mempelajari tema pembelejaran tersebut. salah satu hal di atas yang menjadikan pelatihan pembuatan modul ini harus dilakukan.

Pemaparan ini berakhir pada pukul 10.45 dengan mendapatkan target pencapaian seluruh guru sudah bisa menyelesaikan 2 (dua) kompetensi dasar setiap modulnya pada tiap tingkatan, kelas 7, 8 dan 9.

Oleh : Devi Hendriyana

pelatihan pmbuatan modul smp imc

wisuda sma it insan mandiri cibubur

Wisuda SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Tahun 2021

Cibubur, Sabtu 5 Juni 2021 bertempat di Aula Insan Mandiri CIbubur (IMC) dilaksanakan Wisuda SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur .Wisuda di laksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, Prosesi Wisuda di lakukan dua tahap. Tahap pertama pagi dari jam 08:00 WIB sampai dengan 11:00 WIB hari untuk SMP dan Tahap kedua untuk SMA pada pukul 13:00 WIB sampai dengan 17:00 WIB. Selain pembatasan Tamu dan kegiatan seluruh peserta juga dan panitia telah dilakukan swab antigen. Ketika memasuki ruangan Wisuda seluruh panitia dan peserta wisuda serta pendamping  dicek suhu dan menggunakan handsanitizer.

Para wisudawan yang telah mengikuti pendidikan di IMC rata-rata memiliki Hafalan Qur’an sebanyak 4 Juz hingga sampai 5 Juz. Jumlah wisudawan SMPIT IMC angkatan VI sebanyak 19 Siswa dan wisudawan SMAIT Insan Mandiri CIbubur angkatan VII sebanyak 19 Siswa.

Sebagian lulusan SMA telah diterima ke perguruan tnggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN di antaranya yaitu Ahmad Hami Jurusan Kedokteran Universitas Sriwijaya, M. Afief Darwiansyah Ilmu Hukun UIN Sunan Gunung Djati dan M. Nurul Fajri Masuk Jurusan Ilmu Hukun Universitas Indonesia.

Pelaksanaan prosesi wisuda berlangsung dengan hikmat. Dalam wisuda ini dihadiri oleh Pembina YPSJ bapak Ir. Faried Thalib, dan Bapak Fikri , Ketua Umum YPSJ Bapak Ichsan Thalib. Dalam sambutannya Pak Munif Chatib berpesan agar para siswa yang kelak melanjutkan di perguruan tinggi agar menjadi Mahasiswa yang aktif dan bergabung dalam organisasi yang positif dan terus menjalin relasi.

Pesan yang lain yang di sampaikan oleh Bapak Faried Thalib kepada Wisudawan bahwa kita sebagai Umat Islam harus turut berperan dalam memerdekakan bangsa Panlestina yang hingga saat ini masih terus dijajah.

Seluruh keluarga besar Insan Mandiri CIbubur mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan. Semoga senantiasa terus memegang teguh Al-Qur’an sebagi pedoman hidup. Menjadi pribadi yang senantiasa bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

 

 

 

 

 

PEMENANG LOMBA GENPRO RAMADHAN 2021

PEMENANG LOMBA GENPRO RAMADHAN 2021

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Kami Panitia Genpro Ramadhan 2021 SMAIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pemenang dan para peserta yang sudah berpartisipasi pada Lomba Video Tausiyah dan Lomba Cipta Puisi Islami GenPro Ramadhan 2021. Adapun daftar juara lomba sebagai berikut:

 

Lomba Cipta Puisi Islami:

Juara 1 Ardi Saputra ( SMP Negeri 1 Semarang)

Juara 2 Rif’at Baaqir Pranianto (SMP PTQT Al-Hikmah 2 Cirebon)

Juara 3 Intan Puspitasari (MTsN 5 Kuningan)

 

Lomba Video Tausiyah :

Juara 1 Rif’at Baaqir Pranianto (SMP PTQT Al-Hikmah 2 Cirebon)

Juara 2 Muhammad Rizki Ardavan ( SMPIT Insan Mandiri Cibubur)

Juara 3 Muhammad Muhibbi (SMP Darul Faqih Cirebon)

Juara Favorit  Yasa Alawiah (MTs Al-Idris Sukabumi)

 

Hadiah akan dikirimkan langsung kepada para pemenang.

Sampai jumpa di kegiatan perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan SMAIT Insan Mandiri Cibubur Islamic Boarding School berikutnya. Semoga bermanfaat dan terus berprestasi!

 

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

 

Panitia Pelaksana

Zulvan Jalil Nurmahmudi (OSIS)

imc selenggarakan ramadhan charity

IMC Selenggarakan Ramadhan Charity

Sabtu, 19 Ramadhan 1442 H atau bertepatan dengan 1 Mei 2021 IMC Melaksanakan pembagian bahan-bahan pokok kepada mayarakat yang membutuhkan di sekitar sekolah.

Kegiatan Ramdhan Charity ini melibatkan Civitas Akademika dan didukung penuh oleh Orangtua / Wali Siswa Insan Mandiri Cibubur. Donasi yang terkumpul sebanyak Rp 19.400.00,- kemudian di bagikan dalam bentuk paket bahan pokok.

Pembagian menjadi 2 Termin ada yang di antarkan secara langsung di nada yang di bagikan kupon untuk mengambilnya. Pelaksanaan dilaksanakan secara rapih dan menerapkan protokol kesehatan. Warga yang masuk wajib mengenakan masker, di periksa suhu tubuh dan menggunakan handsanitizer.

Dalam sambutannya Pak Oni Kelana Ihsan Sujoni selaku Perwakilan dari Insan Mandiri Cibubur. Menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga yang hadir, sekaligus meminta maaf atas segala kekurangan kepada masyarakat. Semoga keberadaan IMC semakin memberikan manfaat kebaikan kepada masyarakat terlebih kepada warga sekitar. Sekaligus mengucapkan terima kasih kepada segenap onatur yang telah menyisihkan sebagian rizkinya untuk menyukseskan kegiatan ini.. Semoga Allah azzawaljalla senentiasa melipat gandakan pahala untuk kita semua.

Kami berhararap IMC Selenggarakan Ramadhan Charity untuk bulan-bulan ramadhan pada berikutnya.

imc selenggarakan ramadhan charity imc selenggarakan ramadhan charity imc selenggarakan ramadhan charity imc selenggarakan ramadhan charity imc selenggarakan ramadhan charity

 

 

TOP
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami Dengan Whatsapp
Assalamu'alaikum, Wr. Wb. Selamat datang di Insan Mandiri Cibubur, sekolah dengan Project Based Qur'an.

Ada yang bisa kami bantu?