PERCAYA PROSES RAIH SUKSES

Percaya Proses Komukai Ria Sagara Insan Mandiri Cibubur

Percaya proses, fokus pada tujuan dan percaya diri pada kemampuan.

Sebagai anak muda, sering kita dihinggapi perasaan dan pertanyaan baik dari dalam maupun luar diri tentang menjadi apa kelak kita. Melihat segala sesuatu yang terjadi di masyarakat banyak dari kita mulai pesimis terhadap diri sendiri, dan terkesan malas berbuat sesuatu untuk mencapai proses kesuksesan yang kita inginkan.

Terkadang sulit fokus pada cita-citamu, lebih fokus pada penilaian orang lain. Padahal orang lain hanya bisa memberikan komentar belum tentu membantu memecahkan masalahmu. Kadang kamu sulit percaya diri pada kemampuanmu, karena merasa ada orang lain yang lebih baik daripada kamu. Padahal sebenarnya kamu mengecilkan impian dan tidak ada motivasi untuk mencintai proses. Kadang ketidakpercayaanmu membuat semangatmu luruh, berharap kepada manusia membantumu.

Sadarkah kalau kamu sebenarnya punya bakat terpendam yang jarang orang tahu. Semakin sering mendengarkan celoteh orang, maka akan semakin tidak maju-maju. Mungkin satu-dua-tiga kali kamu boleh mendengarkan pendapat orang hanya sebagai evaluasi. Tetapi jangan sampai memutuskan motivasi. Hatimu butuh kepercayaan diri untuk menaklukan hidup.

 

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ

“Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyirah ayat 8)

(more…)

metode tamyiz ustadz Muhammad Khafidin

Metode Tamyiz adalah suatu metode untuk menterjemahkan Al-Qur’an perkata. Metode ini mudah untuk diterapkan bagi siswayang masih kecil hingga dewasa. Sehingga dapat memudahkan dalam menterjemahkan Al-Qur’an dan membaca kitab gundul. Saya wali asrama insan mandiri Cibubur mengakui betapa sulitnya saya dalam memahami ilmu alat atau yang sering kita sebut dipondok pesantren adalah nahwu dan shorof.

Semenjak saya belajar Tamyiz di sekolah Insan Mandiri Cibubur Saya merasakan ada yang berbeda didalam penyampaian metode yang disampaikan. Akhirnya saya punya rasa ingin memahami metode Tamyiz dengan sungguh-sungguh. Ketika belajar baru dua hari saya merasa lebih penasaran dalam menyampaikan metode yang diajarkan oleh sang master Tamyiz yaitu ustad Salman Alfarisi dari pondok Bait Tamyiz Indramayu.

Setiap pagi kami selalu belajar Tamyiz bersama beliau karena kita masih merasa butuh dan masih ada rasa penasaran dalam ilmu metode Tamyiz. Karena didalam penyampaiannya tidak membuat kita boring dan lelah karena terdapat dengan materi yang diiringi oleh lagu seperti lagu selamat ulang tahun dan yang paling kerennya ada lagu dari india seperti yang kita sering dengar difilm Bollywood.

Ketika kita belajar kita pasti merasa asik karena diiringi lagu dan musik sebagai pelengkap disitu kita akan merasakan kegembiraan dan akan hafal dengan sendirinya. Karena ilmu yang diajarkan dalam belajar Tamyiz inti yang paling utama setelah kita niat yaitu LADUNI istilah kata orang Indramayu adalah Ilate kudu muni ( Lidahnya harus bunyi ).

Ketika lidah kita selalu bunyi artinya kita selalu mengikuti cara yang diajarkan dalam Tamyiz insyaallah kita akan cepat hafal dan paham serta bisa praktek dalam menterjemahkan Al-Qur’an dan membaca kitab gundul. Dan setelah satu Minggu kita belajar Tamyiz saya sudah bisa mempraktekkan serta menterjemahkan Al-Qur’an dan membaca kitab gundul perkata sesuai yang diajarkan dalam metode mudah Tamyiz.

Jadi tidak perlu kita belajar bertahun tahun dalam kita mempelajari ilmu nahwu dan Sharaf dipondok pesantren. Kita juga bisa belajar dengan Tamyiz di Asrama Insan Mandiri Cibubur karena metode tamyiz tidak berbeda jauh dengan kitab-kitab yang ada dipondok pesantren seperti kitab jurumiyah (nahwu) dan amsilat at tasrif (shorof).

Karena pada dasarnya Tamyiz adalah salah satu metode mudah didalam kita memahami dalam menterjemahkan Al-Qur’an dan membaca kitab gundul. Jadi tidak perlu lagi kita bertahun tahun dalam memahami ilmu nahwu dan Sharaf, Tamyiz itu asyik lhooo buat kalian yang ingin terjemahkan, yuk kita belajar Tamyiz di sekolah kita Insan Mandiri Cibubur. Sekian terimakasih.

Oleh :

Muhammad Khafidin, S. Ag (Wali Asrama Insan Mandiri Cibubur)

belajar asyik dan menyenangkan lewat parodi dian rosdiana rahayu

Belajar Asyik dan Menyenangkan Lewat Parodi

Pandemic Covid-19 masih melanda Indonesia dan dunia yang akhirnya memaksa dunia pendidikan untuk menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ini bukanlah hal yang mudah bagi kami. Bagi orangtua,guru,maupun siswa pasti sangat tidak terbiasa dengan pembelajaran seperti yang kami alami saat ini.

Sebenarnya masalah dalam dunia pendidikan ini sudah ada sebelum pandemiK. Siswa yang kurang disiplin, malas, tidur di dalam kelas, tidak mengerjakan tugas, dan lain-lain. Hanya saja permasalahannya semakin Nampak karena siswa langsung belajar ditemani oleh orangtua di Rumah.

Permasalahan yang ada di dalam kelas tersebut dapat diselesaikan dengan salah satunya adalah kreativitas. Guru dituntut untuk kreatif sehingga siswa memiliki minat belajar yang tinggi. Namun, ketika kondisi khusus/darurat seperti ini yang harus memaksa anak harus berada di rumah, seorang guru bukan hanya bertugas untuk menyampaikan materi ajar dengan kreatif.

(more…)

tujuan belajar bahasa inggris

Tujuan Belajar Bahasa Inggris – Komunikasi adalah hal penting dalam hidup, hidup tanpa bersosial dengan orang-orang sekitar akan berakibat buruk bagi mental diri, dan menjadikan orang tersebut menjadi seorang introvert, susah untuk bergaul dengan orang lain atau tidak memiliki keinginan bersosial dengan sekitarnya, biasanya masalahnya adalah susah dalam mencari topik yang ingin dibahas.

Then, what does this have to do with learning English? Lalu apa hubungannya dengan belajar Bahasa inggris?

Fakta yang perlu kamu ketahui adalah, Bahasa inggris merupakan Bahasa Internasional yang digunakan berbagai macam di dunia, lebih tepatnya sekitar 70 negara mewajibkan belajar Bahasa inggris, dan diantaranya ada yang menjadikan Bahasa inggris menjadi Bahasa komunikasi di negara tersebut. So why do we have to learn English? Terus kenapa kita harus belajar Bahasa inggris? Berikut alasan dan tujuan dari belajar Bahasa inggris

(more…)

TOP
Kirim Pesan
1
Hubungi Kami Dengan Whatsapp
Assalamu'alaikum, Wr. Wb. Selamat datang di Insan Mandiri Cibubur, sekolah dengan Project Based Qur'an.

Ada yang bisa kami bantu?