Multiple Intelligences Research (MIR) adalah sebuah riset atau penelitian untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan seorang anak. Multiple Intelligences Research(MIR) merupakan hasil pengembangan dari Teori Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) yang ditemukan Dr. Howard Gardner, seorang Psikolog modern, pada 1983 di Harvard University. MIR itu berupa alat riset yang akan mengetahui POTENSI setiap kecerdasan anak kita.
Menurut Gardner, Kecerdasan itu berasal dari kebiasaan-kebiasaan. Alat ini digunakan untuk menggali kebiasaan-kebiasaan anak, sehingga hasil akhirnya akan muncul kecerdasan apa yang paling dominan pada diri anak tersebut.
Alat MIR ini ditemukan sendiri oleh Munif Chatib sudah melakukan penelitian detail tentang premis-premis mayor dan minor dengan uji validasi di setiap pertanyaan-pertanyaan kepada responden. MIR sudah digunakan sejak 2003 dan didaftarkan HAK CIPTANYA pada 11 September 2009. Secara resmi MIR disetujui dan dikeluarkan Hak Ciptanya pada 25 Maret 2009.
Manfaat Multiple Intelligences Research (MIR) itu apa?
1. Sekolah yang telah menggunakan Multiple Intelligences Research (MIR) akan mempunyai informasi yang berharga tentang kondisi kecerdasan siswanya. Informasi yang berharga ini membawa manfaat bagi guru untuk menerapkan metode mengajar yang TEPAT dan SESUAI dengan gaya belajar siswanya. Metode mengajar adalah cara-cara yang efektif bagi guru menyampaikan informasi kepada siswanya agar informasinya mudah dipahami.
2. Pembagian Kelas
Ketika hasil MIR sudah di tangan, sekolah mempunyai pedoman untuk melakukan pembagian kelas; ini bagi sekolah yang memiliki paralel lebih dari satu kelas.
MIR terbukti telah digunakan lebih dari 100 sekolah. Untuk itu, Next Edu mengajak bekerjasama kepada sekolah-sekolah yang ingin melakukan MIR kepada siswa-siswanya.
oleh: Munif Chatib