You are currently viewing Langkah-Langkah Melakukan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Di Kelas

Langkah-Langkah Melakukan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Di Kelas

Langkah-Langkah Melakukan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Di Kelas. Metode diskusi adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan partisipasi siswa, mendorong pemikiran kritis, dan memperdalam pemahaman terhadap suatu topik. Agar metode ini berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang optimal, diperlukan langkah-langkah yang sistematis. Berikut adalah panduan lengkap langkah-langkah melakukan metode diskusi dalam pembelajaran.

1. Memilih Topik yang Relevan dan Menarik

Langkah pertama dalam metode diskusi adalah memilih topik yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Topik yang dipilih harus mampu memotivasi siswa untuk berpikir kritis dan berbagi pendapat. Sebagai contoh, dalam pembelajaran IPS, topik seperti “Dampak Globalisasi terhadap Kehidupan Sosial” dapat menjadi pilihan menarik.
Selain itu, penting untuk memastikan bahwa topik tersebut sesuai dengan tingkat pemahaman siswa agar mereka dapat berkontribusi secara aktif.

2. Merumuskan Pertanyaan Diskusi

Setelah topik ditentukan, langkah berikutnya adalah merumuskan pertanyaan diskusi. Pertanyaan ini berfungsi sebagai panduan untuk siswa dalam mengarahkan pemikiran mereka selama diskusi berlangsung.
Pertanyaan yang dirumuskan sebaiknya bersifat terbuka (open-ended questions), seperti:

  • “Apa dampak positif dan negatif dari globalisasi?”
  • “Bagaimana cara masyarakat mengatasi tantangan globalisasi?”

Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk mendorong siswa berpikir mendalam dan memberikan jawaban berdasarkan analisis mereka.

2. Merumuskan Pertanyaan Diskusi

Setelah topik ditentukan, langkah berikutnya adalah merumuskan pertanyaan diskusi. Pertanyaan ini berfungsi sebagai panduan untuk siswa dalam mengarahkan pemikiran mereka selama diskusi berlangsung.
Pertanyaan yang dirumuskan sebaiknya bersifat terbuka (open-ended questions), seperti:

  • “Apa dampak positif dan negatif dari globalisasi?”
  • “Bagaimana cara masyarakat mengatasi tantangan globalisasi?”

Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk mendorong siswa berpikir mendalam dan memberikan jawaban berdasarkan analisis mereka.

4. Memperkenalkan Topik kepada Siswa

Tahap ini merupakan awal dari diskusi di kelas. Guru memperkenalkan topik secara langsung kepada siswa dan menjelaskan tujuan diskusi. Dalam proses ini, guru juga dapat membentuk kelompok diskusi kecil untuk memudahkan partisipasi.
Misalnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diminta mendiskusikan pertanyaan tertentu. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara menyeluruh.

5. Fase Tengah: Mengajukan Pertanyaan dan Memfasilitasi Diskusi

Pada fase ini, guru mulai mengajukan pertanyaan utama yang telah dirumuskan sebelumnya. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan jalannya diskusi.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Berikan Waktu yang Cukup: Siswa membutuhkan waktu untuk menganalisis pertanyaan dan merumuskan jawaban.
  • Ajak Semua Siswa Berpartisipasi: Pastikan semua siswa memiliki kesempatan untuk berbicara, baik dalam kelompok kecil maupun secara individu.
  • Ciptakan Suasana yang Nyaman: Hindari kritik yang terlalu keras agar siswa tidak merasa tertekan.

5. Fase Tengah: Mengajukan Pertanyaan dan Memfasilitasi Diskusi

Pada fase ini, guru mulai mengajukan pertanyaan utama yang telah dirumuskan sebelumnya. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan jalannya diskusi.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Berikan Waktu yang Cukup: Siswa membutuhkan waktu untuk menganalisis pertanyaan dan merumuskan jawaban.
  • Ajak Semua Siswa Berpartisipasi: Pastikan semua siswa memiliki kesempatan untuk berbicara, baik dalam kelompok kecil maupun secara individu.
  • Ciptakan Suasana yang Nyaman: Hindari kritik yang terlalu keras agar siswa tidak merasa tertekan.

7. Merangkum dan Menutup Diskusi

Tahap terakhir adalah merangkum hasil diskusi secara keseluruhan. Guru dapat menyampaikan ringkasan singkat untuk menegaskan poin-poin utama yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
Selain itu, guru juga dapat memberikan umpan balik kepada siswa tentang keaktifan mereka dalam diskusi dan mengajak mereka untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah diperoleh. Langkah ini penting untuk menanamkan pemahaman yang lebih mendalam dan memperbaiki metode diskusi di masa depan.

Manfaat Metode Diskusi dalam Pembelajaran

Metode diskusi memiliki banyak manfaat, di antaranya:


  1. Melatih Pemikiran Kritis: Siswa didorong untuk menganalisis informasi dan menyampaikan pendapat mereka.
  2. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi: Siswa belajar menyampaikan ide dengan jelas dan mendengarkan pandangan orang lain.
  3. Mendorong Kolaborasi: Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  4. Memperkuat Pemahaman: Dengan berdiskusi, siswa dapat memperdalam pemahaman mereka tentang suatu topik.

Langkah-Langkah Melakukan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Di Kelas

Oleh: Prov Ngatijo (Digital Marketing Specialist)