insanmandiri@gmail.com
(021)2285 3157
img

Workshop Kesenian di Galeri Nasional Indonesia

Selasa, 29 Agustus 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan workshop mengenai kesenian di Galeri Nasional Indonesia. Kegiatan ini merupakan bentuk dari tugas dan fungsi diantaranya melaksanakan layanan Edukasi Seni Rupa. Layanan edukasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk Program Bimbingan dan Edukasi Pelajar, Mahasiswa, Guru, Perupa, Komunitas Seni Rupa, dan Masyarakat umum dalam rangka memperluas dan menambah wawasan tentang seni rupa dan segenap aspek terkait.

Pada pelaksanaan Program Bimbingan dan Edukasi tahun 2017, Galeri Nasional Indonesia mengambil tema “Menjadi Apresiator Seni yang Terhebat”. Kali ini, Galeri Nasional Indonesia akan melibatkan para pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Pada workshop kali ini, siswa SMAIT & SMPIT Insan Mandiri Cibubur berkesempatan menghadiri acara tersebut, Dari jenjang SMA diikuti oleh kelas XI, sedangkan dari jenjang SMP diikuti kelas IX

Pada workshop ini para siswa diajak terlibat langsung dalam memahami aturan,apa yang baik dan kurang baik, serta sikap dan perilaku positif dalam mengapresiasi karya seni rupa. Peserta akan dilibatkan secara langsung dalam mengapresiasi karya dalam Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia (koleksi negara). Aktivitas para peserta di dalam ruang pamer tersebut akan direkam secara tersembunyi dan diputar ulang dihadapan para peserta untuk ditunjukkan sikap/perilaku mana saja yang baik dan kurang baik dalam mengapresiasi karya seni. Galeri Nasional Indonesia sengaja menjadikan peserta sendiri sebagai contoh agar mereka lebih mudah menginternalisasikan etika, sikap, dan perilaku yang baik dalam mengapresiasi karya seni rupa.

Dengan diselenggarakannya program bimbingan dan edukasi “Menjadi Apresiator Seni yang Terhebat” ini, diharapkan para peserta menyadari dampak negatif dari sikap dan perilaku yang tidak dibenarkan dalam mengapresiasi karya seni. Lebih dari itu, peserta diharapkan menjadi agen perubahan untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya sehingga mampu mengapresiasi karya seni dengan cara-cara yang sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan. Semoga acara ini mampu menciptakan para apresiator seni yang terhebat!

Narasumber :
Tubagus Sukmana (Kepala Galeri Nasional Indonesia)
Citra Smara Dewi (Kurator Galeri Nasional Indonesia)
Zamrud Setya Negara (Motivator Nasional Edukasi dan Seni Rupa)

 

  • SOCIAL SHARE :

0 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>